WISATA MURAH SINGAPURA

Sekarang ini liburan ke Luar Negeri sudah bukan monopoli orang kaya, sesuai dengan slogan salah satu maskapai penerbangan berbiaya rendah: ” kini siapa pun bisa terbang” pergi berlibur ke luar negeri bisa dilakukan oleh siapa saja.Singapore, negara tetangga kita ini memang mempunyai daya tarik tersendiri bagi warga Indonesia, bahkan pelancong dari Indonesia menduduki peringkat pertama dalam jumlah kunjungan ke Singapore.Berikut ini adalah saran itinerary bagi Anda yang hendak pertama kali mengunjungi Singapore untuk berlibur tentunya. Oh ya, sebaiknya Anda memilih penerbangan paling pagi dari Jakarta dan penerbangan sore/malam hari dari Singapore sehingga Anda memiliki waktu yang cukup untuk menjelajah Singapore. Yuk kita mulai….

Hari 1

Jika Anda berangkat dengan penerbangan paling pagi dari Jakarta, maka kira-kira jam 10-an Anda sudah tiba di Changi Airport. Sebaiknya Anda langsung menuju hotel atau penginapan Anda untuk check in dan menyimpan koper Anda (Saya asumsikan Anda menginap di Orchard Area). Selanjutnya Anda dapat berjalan kaki menuju Singapore Visitor Centre, gak sampai 10 menit dari LP ataupun CP, di sebelahnya ada Duck & Hippo Tours & Sightseeing Tourist Information. Beli Singapore Sightseeing Pass seharga S$33. Kemudian berjalan menuju halte untuk menunggu bis hippo yang akan membawa Anda menuju Suntec. Bis ini sangat khas, bertingkat dengan atap terbuka. Dengan membeli Spore sightseeing pass, Anda bisa naik turun bis ini selama 2 hari dan dapat mengikuti 5 macam tour yang disediakan.singapore-tourism

Tiba di Suntec, Anda berganti bis untuk mengikuti city tour. Anda dapat berhenti di tempat-tempat yang Anda inginkan sepanjang route city tour ini. Perhentian pertama bisa Merlion Park, tempat icon-nya Spore: “the Merlion”. Anda dapat foto-foto di sini. Sekitar sini, Anda dapat mengujungi Asian Civilization Museum, Esplanade, Supreme Court, Parliament House , dll. Setelah puas Anda dapat kembali menuju halte untuk menunggu bis Hippo yang lewat. Oh ya jangan lupa pake sticker hippo yang diberikan di baju Anda sehingga Anda tidak perlu menunjukkan tiket setiap kali Anda naik bis. Perhentian selanjutnya adalah Clarke Quay untuk mengikuti Hippo river cruise. Sambil menunggu river cruise, Anda bisa berjalan-jalan di sekitar Clarke Quay. Tempat ini ramai di waktu malam. Anda dapat mengunjungi Clarke Quay pada malam hari dengan mengikuti Moonlight Advanture. Tentu saja saya menyarankan Anda untuk mengikuti tour ini karena sudah termasuk dalam Spore Pass yang Anda beli. Jangan lupa untuk mendaftarkan diri Anda pada saat Anda tiba di Suntec sebelum Anda memulai City Tour, karena tempat terbatas (hanya 1 bis saja yang berangkat untuk tour malam ini). Setelah selesai menyusuri sungai Spore, Anda dapat kembali menunggu bis lagi dan menuju Botanic Garden. Setelah lihat-lihat di sini, Anda kembali naik bis lagi menuju Suntec. Sebelum Suntec, bis akan melewati Orchard Road, saran saya sebaiknya Anda lewatkan saja dan langsung menuju Suntec untuk ikut Moonlight Advanture yang dimulai jam 18.00.

Moonlight Advanture dimulai dengan mengunjungi Sentosa Island untuk menyaksikan Song of the Sea. Sebenarnya acara ini sih gak spektakuler banget, tapi lumayan lah. Bagi Anda yang ingin menonton Song of The Sea maka Anda harus mebayar lagi S$ 8 (jika Anda membeli Spore Tours& Attractions yg seharga S$ 63 maka Anda tidak perlu membayar lagi*) .Tapi bagi Anda yang tidak ingin menonton, Anda dapat berjalan-jalan di sekitar Sentosa sampai pertunjukan selesai. Setelah pertunjukan selesai, Anda akan dibawa menuju Bugis, Anda diberi waktu 15 menit untuk mengeksplor tempat ini. Memang waktu yang diberikan sempit, lihat-lihat aja dulu karena Anda dapat kembali esok hari ketika mengikuti Heritage Tour. Dari Bugis Anda menuju Clarke Quay yang tadi siang Anda kunjungi untuk river cruise. Suasananya akan berbeda sekali. Dari sini, bis akan membawa Anda menuju Orchard, saya sarankan Anda berhenti di sini dan kembali menuju Apartemen. Selesai sudah tour Anda hari pertama, dan Anda sudah menyelesaikan 3 tour: City Tour, River Cruise dan Moonlight Advanture!
Hari ke-2, Anda akan kembali menggunakan bis Hippo. Seperti kemaren, Anda dapat naik bis dari orchard menuju Suntec. Pagi Anda sebaiknya mengunjugi Sentosa dengan menggunakan Sentosa Rhino yang berangkat jam 10 pagi. Anda juga akan dikenakan Island Admission sebesar S$2. Perkirakan sampai jam berapa Anda ingin menghabiskan waktu di Sentosa dan sesuaikan dengan keberangkaran bis menuju Suntec kembali. Saran saya jangan terlalu sore karena Anda belum mengikuti Heritage Tour. Di Sentosa, wahana yang bisa saya recomend hanyalah Lug and Sky Ride, The Merlion dan Tiger Sky Tower. Walaupun ini semua gak bagus-bagus amat tapi layaklah dicoba, Anda kan lagi berlibur. Untuk wahana lainnya terserah Anda saja. Setelah puas di Sentosa, tunggu kembali bis Sentosa Rhino untuk membawa Anda kembali ke Suntec. Btw, untuk Sentosa Rhino, Anda hanya free tranportation saja (free admission fee bagi yang membeli Spore Tours & Attractions*), jadi untuk menikmati wahana di Sentosa Anda terpaksa harus mengeluarkan uang lagi. Ambil saja yang paket, karena jatuhnya bisa lebih murah. Untuk informasi tentang paket Anda dapat menanyakannya pada Tour Guide Anda.singapore marine bay

Sampai di Suntec, Anda kembali berganti bis untuk mengikuti Heritage Tour. Seperti City Tour, Anda juga dapat berhenti, naik-turun di tempat-tempat yang Anda inginkan di sepanjang rute Heritage Tour ini. Namanya juga Heritage Tour, maka Anda dapat memperkirakan sendiri pasti akan melewati tempat-tempat yang berbau culture gitu deh. seperti temple, heritage centre, dll. Jika Anda tidak begitu menyukai, maka Anda tidak usah turun dari bis, cukup menikmati perjalanan saja, bis akan membawa Anda melintasi Little India, Bugis, Kampong Glam, Arab Street, Chinatown, dan akhirnya kembali ke Suntec. Di route Heritage Tour ini yang bisa direkomendasikan mungkin adalah Mustafa Centre tempat belanja 24 jam, semua-nya ada. Bugis Street, kaki lima-nya Singapore, kalo mau belanja souvenir lebih baik di sini saja lebih murah, dan Maxwell Road di Chinatown untuk menikmati makan malam kaki lima di sepanjang jalan ini. Jika Anda mampir-mampir usahakan jam 8 sudah kembali ke Suntec untuk menyaksikan pertujukan Wealth of Fountain. Setelah ini Anda dapat kembali ke Apartemen dengan menggunakan MRT. Selesai sudah Singapore Sightseeing Anda. Oh ya jangan lupa bawa topi dan sun glasses karena Singpore di siang hari sangat lah panas, untungnya sih gak berdebu, jadi topi dan sun glasses cukup melindungi Anda menikmati Singapore dari atas bis terbuka.

Hari ke-3. Jika hari ini Anda pulang, sebaiknya sisa waktu Anda ini diisi dengan belanja (kalau di sepanjang tour 2 hari yang lalu Anda tidak belanja). Anda dapat mengunjungi Mall-mall di sepanjang Orchard Road, atau Anda dapat berangkat beberapa jam lebih awal, jika Anda pulang lewat Batam maka sambil menunggu keberangkatan Ferry, Anda dapat berjalan-jalan di Vivo City, yaitu mall yang berdekatan dengan Harbourfront dan Anda dapat menitipkan koper Anda di tempat penitipan di Harbourfront. Jika Anda pulang lewat Changi Airport, tentu saja Anda dapat pula menghabiskan waktu dengan melihat-lihat atau berbelanja di Transit Mall.

Tapi jika hari ke-3 ini Anda masih menginap, maka di pagi hari saran saya adalah pergi mengunjungi Singapore Zoo. Jangan bandingkan Spore Zoo dengan Taman Safari Indonesia, jelas beda…dan Spore Zoo kecil banget dibanding TSI. Tapi yang menarik adalah bagaimana Singapore Zoo dikelola sebagai suatu tempat yang menyenangkan dan memanjakan pengunjungnya! Anda dapat naik tram untuk mengelilingi zoo atau berjalan kaki, tapi gak usah khawatir karena tersedia tempat-tempat istirahat yang berpendingin udara. Jadi kalo Anda capek berjalan, tinggal masuk aja untuk istirahat sejenak sebelum jalan berkeliling lagi. Asik kan?

Pulang dari Singapore Zoo, Anda dapat mengunjungi IKEA. Walaupun gak belanja, tapi melihat-lihat di sini sangat menyenangkan, tempatnya luas dan barang-barangnya bagus-bagus termasuk harganya. Barang-barang perlengkapan rumah sangat lengkap, dari mulai perlengkapan kamar tidur, ruang tamu, ruang makan, dapur. Pokoknya asik banget deh cuci mata di sini. Kalau Anda penggila gadget, Anda bisa pergi mengunjungi Sim Lim Square atau ke Funan the IT Mall.

*) Untuk keterangan lebih detail mengenai Spore Sightseeing Pass dan Spore Tours & Attractions Pass Anda dapat membacanya di tulisan saya yang khusus menceritakan hal ini.